ratuagung

Cara merawat dan memelihara kesehatan gigi pada usia batita

Perawatan gigi susu tidak boleh diremehkan. Gigi susu yang baik menentukan kualitas gigi permanen yang akan tumbuh. Selain itu gigi susu y...


Cara merawat dan memelihara kesehatan gigi pada usia batita
Perawatan gigi susu tidak boleh diremehkan. Gigi susu yang baik menentukan kualitas gigi permanen yang akan tumbuh. Selain itu gigi susu yang sehat membantu proses pengunyahan menjadi lebih baik, sehingga memaksimalkan penyerapan nutrisi dan ini membantu proses tumbuh kembang anak.

Merawat gigi pada anak di masa awal pertumbuhannya bisa dibilang susah-susah gampang karena tidak sedikit anak yang menjadi rewel saat pertumbuhan gigi pertamanya.

Perhatikan variasi waktu. Ada anak yang sudah menampakkan garis putih pada gusinya sejak dilahirkan. Namun ada juga yang pada usia 6 bulan-1 tahun baru akan tumbuh gigi.

Sulitkah membersihkan gigi anak? Buah hati yang sudah menginjak usia 5 tahun tentu akan lebih mudah diajarkan, sementara anak yang masih dalam kategori bawah tiga tahun (batita) perlu kesabaran untuk membuat anak terus mengulang kebiasaan membersihkan gigi. Ibu jangan menyerah yah untuk melakukan aktifitas ini, karena anak usia batita memang biasanya mengonsumsi susu. Jika sisa susu yang mengendap dalam mulut tidak dibersihkan akan memicu pertumbuhan bakteri, penyebab gigi berlubang.

Ada beberapa hal yang harus dperhatikan dalam cara menyikat gigi anak agar gusi maupun giginya tidak terluka.

  • Sikatlah gigi anak dengan menggunakan kain bersih atau kasa steril. Caranya: masukan telunjuk dengan kain atau kasa yang telah dibasahi dengan air hangat, kemudian gosokan ke gigi anak. Cara lainnya dengan menggunakan sikat gigi khusus (terbuat dari bahan karet yang dapat dimasukan pada telunjuk ibu)
  • Jika gigi anak Anda sudah ada yang bertumbuh, bersihkan gigi dengan sikat khusus bayi (tekstur sikat yang lembut).
  • Pada usia 18-24 bulan, biasakan anak agar dapat memegang sikat giginya sendiri. Caranya: ajak anak menyikat gigi di depan cermin, lalu ceritakan pentingnya menyikat gigi. Orangtua bisa mengumpulkan informasi terlebih dahulu mengenai kesehatan gigi agar bisa di-sharing dengan anak saat menyikat gigi.
  • Saat usia anak cukup memahami bahasa, ajari ia menyikat gigi dengan benar. Caranya: beri petunjuk agar anak menggosok dengan bentuk lingkaran kecil pada giginya. Lalu gosok ke depan dan ke belakang (area gigi yang digunakan untuk menggigit dan mengunyah), kemudian sikat area lidah dengan pembersih khusus lidah
  • Perkenalkan pasta gigi ber-fluoride pada usia batita. Beritahu juga bahwa fluoride dapat melindungi gigi dari kerusakan dan membantu kerusakan dini. Air pam, pasta gigi, dan suplemen vitamin tetes bisa menjadi sumber fluoride.
  • Nutrisi yang baik pada anak berperan penting untuk memperkuat gusi dan gigi. Beberapa jenis makanan yang dapat mengurangi karies gigi yaitu kacang-kacangan. Buah, sayur, dan susu juga penting untuk memperkuat tulang serta gigi.




Sumber: http://siloamhospitals.com
Oleh: drg.Deasy Berliana


Related

Ibu Anak 7042629653000963951

Posting Komentar

emo-but-icon

Search

Custom Search

Ads


Artikel Terbaru

Daftar Blog Saya

item