ratuagung

Mangalitsa, Si Babi Unik Yang Berbulu Domba

Ini adalah sejenis babi langka Mangalitsa atau Mangalica yang berasal dari Hungaria. Hewan ini memiliki pertumbuhan yang tidak biasa. Buluny...


Ini adalah sejenis babi langka Mangalitsa atau Mangalica yang berasal dari Hungaria. Hewan ini memiliki pertumbuhan yang tidak biasa. Bulunya yang keriting mirip dengan domba. Warna bulunya bisa hitam bisa merah namun paling sering berwarna pirang. Mangalica adalah babi terakhir yang ada, dan hampir punah pada tahun 1990-an, ketika itu ada 200 babi.

Perkembangan Mangalitsa dimulai pada tahun 1830 di Kekaisaran Austro Hungaria setelah Archduke Joseph Anton Johann. Anak ketujuh dari Kaisar Romawi Leopold II, menerima babi Sumadija dari pangeran Serbia.

Photo credit
Mangalitsa tidak memerlukan perawatan khusus dan memiliki kemampuan penggemukan yang baik. Awal abad ke-19 hingga 1950 berkembang biak babi paling popular di Hungaria. Lemak dan daging di produk untuk pasar Eropa. Bahkan lemak babi Mangalist digunakan untuk produk lain seperti lilin, sabun, dan kosmetik.

Namun pada abad ke-20 harga lemak babi jatuh, karena pada masa itu orang mengetahui bahwa lemak jenuh berbahaya bagi kesehatan. Perkembangan babi dengan cepat menurun. Pada akhir tahun 1970-an Mangalitsa babi di Austria hanya bisa ditemukan di Taman Nasional dan Kebun Biantang. Dan kurang dari 200 ekor babi terdapat di pertenakan Hungaria.

Pada tahun 1994, perkembangbiakan Mangalitsa diperbaharui, dan didirikannya National Association Hungaria Mangalica . dan selama 20 tahun ke depan Sosis tradisional Mangalica sudah tersedia kembali di Hungaria. Dan saat ini ada lebih dari 8.000 babi berkembangbiak di Hungaria dan mampu memproduksi 60.000 setiap tahunnya.

Photo credit

Photo credit

Photo credit

Photo credit

Photo credit

Photo credit




Related

Unik 333108087908431192

Posting Komentar

emo-but-icon

Search

Custom Search

Ads


Artikel Terbaru

Daftar Blog Saya

item