ratuagung

Aturan Berdebat di Depan Si Kecil

Seringkali percekcokan dalam rumah tangga tidak bisa dihindari. Terkadang orang tua tidak sadar telah memperlihatkan perdebatan mereka di de...


Seringkali percekcokan dalam rumah tangga tidak bisa dihindari. Terkadang orang tua tidak sadar telah memperlihatkan perdebatan mereka di depan anak-anak.

"Melihat orang tua berdebat bisa menakutkan bagi anak-anak, tapi melihat mereka mengatasi perbedaan mereka dengan cara yang positif dapat memberikan rasa aman pada mereka. Jika anak-anak dapat belajar bahwa keluarga tetap utuh walaupun ada pertengkaran, maka mereka akan menikmati kehidupan mereka sebagai anak-anak," jelas Kathleen E. Finnegan, MA LPC.

Simaklah enam aturan mengatasi permasalahan di depan anak-anak Anda, seperti yang dikutip dari Sheknows.

1. Jangan melanjutkan perdebatan
Jangan pernah lupa memperhatikan anak-anak Anda saat emosi memuncak sekalipun. Tunda perdebatan jika anak Anda sudah mulai tertekan atau sudah terlibat dalam pertengkaran kalian.

2. Selesaikan masalah di depan anak
Tunjukkan pada anak bahwa meskipun orang tua memiliki perbedaan pendapat, mereka masih saling mencintai dan dapat menyelesaikan masalah dengan baik. Janganlah berdebat di depan anak jika masalah yang Anda hadapi tidak bisa diselesaikan dengan baik.

3. Jangan bersikap kasar
Dalam setiap kasus perdebatan, tidak jarang tindakan fisik dan kata-kata yang pedas digunakan untuk menyerang pasangan. Jangan pernah sekalipun memperlihatkan sikap kasar di depan si kecil.

4. Pernyataan pribadi Anda
Tunjukkan pada anak-anak Anda bahwa kita boleh saja tidak setuju dengan sesuatu. Ajarkan padanya untuk menggunakan pernyataan "saya berpendapat" dan hindari menyalahkan orang lain dalam berargumen. Ketika sudah ada yang menuduh, sebaiknya hentikan perdebatan.

5. Jangan minta anak untuk memihak
Jagalah pertengkaran antara kalian berdua. Jangan bawa anak-anak dalam pertengkaran. Hal tersebut akan membuat mereka merasa tidak nyaman, ditekan, dan seringkali marah.

6. Bicarakan masalah baik-baik
Ketika keadaan sedikit tenang dan konflik mereda, diskusikan dengan pasangan bagaimana Anda ingin menangani perkelahian di depan anak-anak.

"Di sisi lain dari pertengkaran orang tua, anak tidak tahu bagaimana untuk tegas pada dirinya sendiri. Seringkali anak-anak tidak tahu bagaimana bertahan dengan adanya tekanan, takut dengan masalah dan terlalu cemas ketika mereka memasuki situasi baru," ucap Finnegan memperingatkan.

Jika Anda berdua merasa tidak mampu mengatasi perdebatan, carilah bantuan dari terapis atau konselor keluarga. Mintalah bantuan mereka untuk belajar bagaimana cara berdebat yang baik di depan anak-anak. (wolipop.detik.com)


Related

Ibu Anak 2456500557506479339

Posting Komentar

emo-but-icon

Search

Custom Search

Ads


Artikel Terbaru

Daftar Blog Saya

item