ratuagung

Menghangatkan Sisa Nasi

Jika kita biasa memasak di rumah (atau meminta asisten rumah tangga untuk memasak), umumnya kita memasak nasi sekaligus dalam jumlah banyak ...


Jika kita biasa memasak di rumah (atau meminta asisten rumah tangga untuk memasak), umumnya kita memasak nasi sekaligus dalam jumlah banyak agar tidak memasak dua kali. Tetapi meskipun sudah menyiapkan masakan, kadang-kadang kita diajak makan di luar sehingga nasi pun terpaksa harus disimpan.


Masalahnya, ketika kita tidak punya asisten dan tidak punya banyak waktu untuk menghangatkan nasi, kita lantas mengambil jalan pintas dengan menyimpan nasi ke dalam kulkas. Padahal, ketika sudah tersimpan di lemari es selama semalam, nasi menjadi membeku dan keras. Bagaimana caranya supaya nasi bisa kembali pulen dan siap dinikmati?

Nah, coba ikuti saran berikut. Cara ini juga berlaku jika Anda membawa pulang nasi sisa dari warung atau restoran.

* Masukkan nasi ke dalam wadah yang tahan dingin maupun tahan panas. Simpan di lemari es.
* Esok hari, ketika Anda ingin mengonsumsinya, hangatkan wadah nasi ke dalam microwave. Saat Anda siap mengonsumsinya, buka tutup wadah lalu tuangi nasi yang membeku tersebut dengan satu atau dua sendok makan air.
* Tutupi wadah dengan tisu yang dibasahi, lalu panaskan kembali dalam microwave selama 1-3 menit (tergantung porsinya). Aduk-aduk nasi dengan perlahan, lalu ulangi prosesnya. Tambahkan air jika masih sedikit keras, lalu diamkan selama 2 menit sampai benar-benar lunak dan siap disajikan.

Nasi yang membeku juga bisa dihangatkan melalui rice cooker setelah dituangi beberapa sendok makan air. Hangatkan saja beberapa menit, dan aduk-aduk untuk memastikan nasi dan airnya tercampur.

Sumber: female.kompas.com


Related

Kuliner 451636910666539065

Posting Komentar

emo-but-icon

Search

Custom Search

Ads


Artikel Terbaru

Daftar Blog Saya

item