ratuagung

Batu akik Pak SBY mata kucing. Apa bedanya dengan mata harimau dan mata garuda?

Sudah banyak yang tahu kalau Pak SBY, Pak Mantan Presiden RI itu, adalah salah satu penggemar batu akik. Meski mengaku tidak banyak mengolek...


Sudah banyak yang tahu kalau Pak SBY, Pak Mantan Presiden RI itu, adalah salah satu penggemar batu akik. Meski mengaku tidak banyak mengoleksi batu mulia, namun ditilik dari batu akik yang beliau kenakan, batu akik Pak Susilo Bambang Yudhoyono tergolong berkualitas tinggi, yakni batu akik mata kucing.

Batu akik mata kucing (cat’s eye) tersebut dikenakan Pak Beye (begitu beliau akrab disebut) saat bersantap di warung Kupat Tahu Pojok Bayeman, Kota Magelang, Rabu (11/2) petang sebagaimana kesaksian wartawan Agung Ismiyanto dari Tribun Jogja.

Saat itu Pak Beye mengaku punya beberapa koleksi, yang satu di antaranya paling sering ia kenakan di jari manis tangan kiri. Saat diwawancara, SBY juga mengenakan cincin emas bermahkota batu kemilau cokelat bergaris di tengahnya.

Sedangkan koleksi lain Pak Beye diyakini jenis bacan doko, batu mulia dari Pulau Bacan, Maluku, yang masuk golongan berharga jual mahal. Konon di salah satu kontes batu mulia, jenis bacan doko ini ada yang menyambar dengan harga gila, Rp 3 miliar.

Batu akik mata kucing atau cat;s eye.
“Saya tidak koleksi batu mulia. Hanya punya satu atau dua biji, tidak banyak,” kata Pak Beye merendah.
Batu mulia yang dikenakan SBY saat di Magelang itu menurut sejumlah kalangan memang berjenis biduri mata kucing krisoberil atau chrysoberil’s cat’s eye. Batu mata kucing ini merupakan batu mulia yang memiliki guratan memantulkan sinar mempesona.

Sebagian besar batu mata kucing ini memiliki warna kuning madu, cokelat kehitaman, dan hijau muda. Kekerasan batu mulia yang satu ini berkisar antara 8-9 mohs, sehingga memiliki daya tahan/ketahanan yang sangat kuat. Inilah yang dipercaya menjadi medan aura dan kewibawaan bagi SBY semasa berkuasa hingga saat ini setelah purna tugas.

Spesifikasi batu akik mata kucing krisoberil

Batu krisoberil (chrysoberyl) terdiri dari beryllium dan alumunium oxide. Nama batu tersebut dalam bahasa Yunani artinya “beryl yang berwarna emas”. Namun harus diwaspadai nama beryl dan beryllium hampir sama tapi mereka berdua sebenarnya adalah dua jenis batu yang berbeda total.

Batu jenis chrysoberyl mempunyai nilai keras 8.5 berdasarkan daftar keras Mohs, mereka menempati di urutan ke tiga setelah batu intan dan corundum.

Yang tergolong dalam batu jenis chrysoberyl adalah batu mata kucing dan alexandrite.

Batu mata kucing ini memang sangat bagus dan banyak diminati terutama pada kaum pria. Batu unik ini mempunyai satu sinar lurus di tengah yang dapat bergerak ke kanan dan ke kiri jika dilihat dari jauh seakan-akan seperti mata kucing.

Batu mata kucing di Indonesia bermacam-macam namanya seperti biduri pandan wurung, benang sebelas, intan tetulas kendit dunyo.

Beda dengan mata harimau


Hal yang patut permatamania ketahui dalam soal mata kucing ini adalah banyak yang memalsukannya dengan batu mata harimau (tiger’s eye) yang berwarna madu.

Batu mata harimau ini dikenal sebagai batu chatoyant (artinya bisa memantulkan sinar atau cahaya yang beraneka ragam). Warna aselinya ada yang kuning, ada juga yang berwarna merah tua berkilau seperti emas dan dasar garis-garisnya seperti harimau loreng. Warna garisnya pun beda-beda. Yang kuning muda dinamakan mata harimau dan yang warna putih disebut mata garuda.


Batu akik mata harimau.
Pantulan warna warni yang berasal dari batu ini disebabkan oleh lapisan lapisan seperti serat yang banyak dan tipis sehingga setiap cahaya yang masuk dipantulkan oleh lapisan yang berbeda. Untuk bisa melihat cahaya ini, batu mata harimau dibuat atau dirubah menjadi bentuk cabochan karena dalam bentuk inilah batu mata harimau bisa memaksimalkan pantulannya.

Batu mata harimau berasal dari keluarga batu kuarsa (quartz) maka dari itu semua batu kuarsa seperti batu akik (agate), batu akik bawang (chrysoprase), batu kalsedon, batu kinyang asap (smoky quartz) mempunyai nilai keras 7 dalam daftar Mohs, begitu juga batu mata harimau. Batu mata harimau berasal dari mineral crocidolite, mineral yang warna aslinya biru dan teroksidasi menjadi cokelat keemasan dan lama kelamaan menjadi batu kuarsa.

Lantas apa bedanya dengan mata garuda?

Batu akik mata garuda (Hawk’s Eye) sebenarnya adalah batu mata harimau yang setengah jadi atau masih dalam proses silicification. Batu mata garuda masih berwarna kebiruan.

Bagaimana dengan batu mata harimau yang berwarna merah? Hal itu disebabkan oleh proses pemanasan, sementara yang aseli berwarna kuning madu. Nah karena warna kuning madunya inilah batu akik mata harimau sering dipalsukan sebagai batu mata kucing (batu krisoberil) yang harganya lebih mahal dan batunya lebih keras.

Jadi waspadalah saat Anda membeli. Maunya beli kucing, jangan sampai dapat harimau, hehehe.

Semoga bermanfaat.


Related

News 3705758419717013806

Posting Komentar

emo-but-icon

Search

Custom Search

Ads


Artikel Terbaru

Daftar Blog Saya

item