ratuagung

Segelas Jus Wortel Cukupi Kebutuhan Vitamin A Harian

Sayur dan buah yang mengandung vitamin A harus masuk dalam menu sehari-hari jika kita ingin memiliki indera penglihatan yang sehat. Sumber v...


Sayur dan buah yang mengandung vitamin A harus masuk dalam menu sehari-hari jika kita ingin memiliki indera penglihatan yang sehat. Sumber vitamin A yang sudah kita kenal sejak dulu adalah wortel.

Warna oranye cerah pada wortel sebagian besar berasal dari beta karoten. Beta karoten ini diubah menjadi vitamin A di dalam hati, yang kemudian ditransformasikan dalam retina untuk rhodopsin, pigmen yang meningkatkan kemampuan penglihatan.

Segelas Jus Wortel Cukupi Kebutuhan Vitamin A Harian

Wortel juga mengandung lutein. Betakaroten dan lutein bisa kita temukan di retina mata. Kedua komponen tersebut melindungi mata, terutama pada malam hari. Selain itu, beta karoten juga dikenal membantu melindungi mata terhadap degenerasi makula dan katarak.
Segelas jus wortel diketahui mengandung 340 persen dari rekomendasi harian vitamin A. Vitamin lain yang terkandung adalah vitamin C, dalam 100 gram jus wortel mengandung 3 mg vitamin C, 0,3 mg vitamin E, dan 0,01 vitamin B1 dan B2. Vitamin B2 juga diperlukan untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, kita juga mendapatkan potasium 18 persen dari yang dianjurkan.
Selain dikonsumsi dalam bentuk sayuran atau salad, cara paling praktis untuk mendapatkan vitamin dan mineral dari wortel adalah membuatnya menjadi jus. Dalam satu gelas jus wortel (sekitar 250 ml) sudah mencukupi kebutuhan vitamin A harian.

Kebutuhan akan vitamin A ini sebaiknya tidak diabaikan, terlebih saat ini kekurangan vitamin A masih menjadi salah satu dari lima isu nutrisi utama di Indonesia. (kompas.com)


Related

Kesehatan 7364059999158660926

Posting Komentar

emo-but-icon

Search

Custom Search

Ads


Artikel Terbaru

Daftar Blog Saya

item